Akta pendirian perusahaan

Akta pendirian perusahaan yang ditulis oleh seorang notaris dan disahkan oleh Pengadilan Negeri di lokasi pendirian perusahaan pastinya membutuhkan syarat-syarat khusus untuk melengkapi poin-poin pendirian perusahaan sesuai dengan jenis perusahaan yang diinginkan perorangan maupun kelompok. Berikut adalah beberapa persyaratan yang umumnya harus disertakan dalam pembuatan akta resmi sebuah perusahaan.
a. Fotokopi KTP dan KK
Salah satu komponen penting dalam persyaratan adalah fotokopi KTP dan KK dari orang yang dianggap sebagai direktur dari perusahaan tersebut, disamping fotokopi KTP dari orang-orang yang terlibat dalam struktur organisasi tertulis.
b. Fotokopi PBB
Masing-masing bangunan pasti memiliki bukti pembayaran PBB (pajak bumi dan bangunan) dan fotokopi dari pembayaran tahun terbaru harus disertakan sebagai bukti taat pajak.
c. Fotokopi bukti kepemilikan atau sewa gedung
Syarat lain yang harus disertakan sebagai syarat pendirian perusahaan adalah fotokopi bukti kepemilikan atau sewa gedung yang disetujui oleh pemilik gedung. Hal tersebut untuk menunjukkan kebenaran lokasi perusahaan yang akan didirikan.
d. Surat keterangan domisili
Jika ada pihak perseorangan ataupun kelompok ingin mendirikan sebuah perusahaan, maka surat keterangan domisili yang jelas harus ada. Ada 2 macam surat keterangan domisili yang dapat disertakan dalam pembuatan akta, yaitu:
– Domisili dari pengelola gedung: jika perusahaan didirikan denagn menyewa bangunan yang ada dalam kompleks gedung perkantoran atau mall
– Domisili dari RT/RW/Dukuh/Lurah: jika sebuah perusahaan didirikan dengan membangun atau menyewa tempat di sekitar area pemukiman warga atau di kompleks ruko dan perkantoran yang tidak berada di lokasi khusus pemukiman penduduk.
e. Ilustrasi denah dan gambar kantor
Ketika pihak perseorangan atau kelompok ingin mengajukan pembuatan akta untuk perusahaan, syarat lain yang dibutuhkan adalah ilustasi denah sekitar kantor serta didalam kantor. Ilustrasi denah yang benar diharapkan akan memudahkan dalam urusan survey pembuatan PKP dan SIUP. Oleh sebab itu, ada baiknya pihak terkait meminta bantuan seorang arsitek pembuat denah atau hanya memberikan gambaran sederhana dan dilengkapi dengan foto kantor (tampak dalam dan luar). Sehingga kondisi dan batas kantor tersebut juga akan terlihat jelas.
f. Pengajuan NPWP
Sebuah perusahaan, terutama dalam bentuk CV dan PT wajib menyertakan pengajuan NPWP (nomor pokok wajib pajak) sesuai dengan nama perusahaan yang akan diresmikan. Surat pendaftaran wajib diajukan setidaknya dalam waktu 2×24 jam setelah proses pengumpulan data yang lain seperti PBB atau IMB juga sedang berjalan ke kantor Pelayanan Pajak
Dengan mengetahui syarat-syarat diatas, diharapkan proses pembuatan akta resmi dapat dilakukan dengan cepat, terorganisir, dan tanpa masalah. Umumnya proses pembuatan sebuah akta pendirian perusahaan tersebut akan membutuhkan waktu 3 hari kerja jika persyaratan lengkap dan hasil survey sudah sesuai.