Repotnya Mengurus Akta Pendirian Perusahaan

Mengatasi Repotnya Mengurus Akta Pendirian Perusahaan. Akta pendirian perusahaan merupakan salah satu aspek hukum utama dalam mendirikan sebuah perusahaan. Akta ini diperlukan sebagai landasan hukum mengenai legalitas lembaga bisnis yang didirikan. Tanpa akta tersebut maka sebuah perusahaan dapat dipertanyakan legalitasnya. Siapapun yang ingin secara serius membangun bisnis dengan mendirikan sebuah perusahaan harus mengurus pembuatan akta mendirikan perusahaan dengan bantuan seorang notaris. Akta Notaris merupakan sebuah dokumen resmi yang memiliki kekuatan pembuktian secara hukum yang mengikat dan mutlak. Akta atau dokumen resmi yang berisi pembuktian tentang pendirian sebuah perusahaan merupakan sebuah landasan hukum yang mengikat dan menunjukkan kebenaran mengenai perusahaan yang didirikan.
Syarat Mendirikan Perusahaan
Untuk mendirikan perusahaan secara resmi maka dibutuhkan sebuah akta pendirian perusahaan yang dikeluarkan oleh notaris sebagai landasan hukum dari berdirinya sebuah perusahaan. Ada syarat – syarat yang harus dipenuhi untuk melakukan proses pembuatan dokumen resmi pendirian perusahaan sebagai landasan hukum atau landasan legalitas dari perusahaan yang didirikan. Berikut ini beberapa syarat utama yang wajib dipenuhi agar dokumen resmi pendirian perusahaan dapat dibuat.
Nama dari perusahaan yang akan didirikan. Sebaiknya disiapkan lebih dari 1 nama untuk mengantisipasi jika nama yang ingin digunakan untuk perusahaan yang akan didirikan ditolak oleh Departemen Hukum dan Ham. Ada beberapa alasan mengapa nama perusahaan ditolak; salah satunya adalah karena nama tersebut telah digunakan oleh perusahaan lain.
Informasi penting terkat perusahaan yang akan didirikan juga wajib disertakan; salah satunya adalah bidang usaha dari perusahaan yang akan didirikan. Informasi terkait modal perusahaan juga wajib disertakan; ada beberapa informasi tentan modal yang wajib disertakan seperti klasifikasi besarnya modal perusahaan, nama – nama dari pemilik modal serta prosentase kepemilikan modal.
Informasi tentang pemimpin perusahaan merupakan kebutuhan lain untuk membuat dokumen resmi pendirian perusahaan. Nama direktur atau pimpinan tertinggi perusahaan, foto kopi identitas pemilik modal, kartu keluarga direktur (jika direktur adalah seorang perempuan), Nomor Pokok Wajib Pajak Direktur dan foto dari direktur perusahaan.
Informasi lain yang dibutuhkan untuk membuat dokumen resmi pendirian perusahaan adalah informasi mengenai tempat atau lokasi perusahaan. Untuk itu dibutuhkan surat keterangan domisili usaha, foto kopi bukti kepemilikan tempat usaha dan Pajak Bumi dan Bangunan dari tanah dan bangunan yang ditempati perusahaan atau bukti telah menyewa tempat yang disebut dalam surat keterangan domisili usaha. Informasi tambahan seperti nomor telepon perusahan dan denah dari tempat usaha juga dibutuhkan jika perusahaan tersebut merupakan Perusahaan Kena Pajak atau PKP.
Dokumen dan surat keterangan yang berisi informasi utama dari perusahaan yang akan didirikan tersebut harus disertakan dan diserahkan kepada notaris agar dokumen resmi pendirian perusahaan dapat dibuat. Setelah proses tersebut selesai maka akan diterbitkan akta perusahaan yang disertai dengan Nomor Pokok Wajib Pajak dari perusahaan, SIUP atau Surat Ijin Usaha Perdagangan dan TDP atau Tanda Daftar Perusahaan.
Menggunakan Jasa Pengurusan Pendirian Perusahaan
Salah satu solusi sederhana untuk mendapatkan akta atau dokumen resmi pendirian perusahaan adalah dengan menggunakan jasa pengurusan pendirian perusahaan. Dengan menggunakan jasa pengurusan pendirian perusahaan maka seseorang yang ingin mendirikan perusahaan tidak perlu repot – repot mengurus surat – surat satu demi satu hingga terbitnya akta perusahaan; namun hanya perlu menyerahkan syarat – syarat yang dibutuhkan untuk pengurusan dan proses selanjutnya akan ditangani oleh penyedia jasa pengurusan akta pendirian perusahaan.